Senin, 30 Desember 2013

METODE AL-MUFID & KERANGKA UMUM MENERJEMAHKAN AL-QUR`AN

Oleh : Abu Mufidah*
Tiga langkah praktis dan mudah menerjemahkan Al-Qur`an adalah salah satu metode yang sangat praktis dan simpel serta mudah dipahami dan mudah pula dipraktekkan. Metode ini diperuntukan hanya untuk kalangan orang-orang yang awam tidak bisa bahasa arab sama sekali, namun ia sangat ingin bisa memahami terjemah Al-Qur`an, agar  setiap ayat yang dibaca mengerti artinya. Metode ini lebih menekannkan pada aspek praktek menerjemahkan Al-Qur`an (pemahaman kosakata) sehingga dalam waktu kurang 7 jam peserta mampu menerjemahkan Al-Qur`an. Belajar metode tiga langkah praktis ini menggunakan pendekatan tanda kotak, garis dan bulatan dalam setiap ayat Al-Qur`an sebagai alat bantu utama untuk bisa menerjemahkan AL-Qur`an, tanpa menggunakan kamus kecuali kata-kata tertentu yang memang agas sulit di fahami.
Target belajar menterjemahkan Al-Qur`an dengan metode 3 langkah ini diantaranya:

  1.  Membuktikan firman Allah bahwa Al-Qur`an itu mudah untuk dipelajari
  2. Memberikan solusi bagi setiap orang yang ingin memahami AL-Qur`an dengan mudah, ringkas, praktis dan aplikatif
  3. Menumbuhkan kebangkitan cinta kaum muslimin terhadap Al-qur`an
  4. Setelah mengikuti tiga langkah praktis ini langsung bisa menguasai kosa kata Al-Qur`an kurang lebih 50% tapa melihat kamus.
  5. Menguasai jumlah kata dalam ayat
  6. Menguasai dasar-dasar struktur  bahasa dan perubahan kata dalam Al-Qur`an
  7. Menguasai teknik membuka kamus bahasa Arab
  8. Merangkai kalimat terjemahan dengan baik dan benar insyaallah
Metode dan sisitem belajar

  1.  Mudah : dapat difahami oleh semua kalangan, usia dan profesi
  2. Ringkas : teori terjemahan maksimal hanya dalam waktu 7 jam selesai.
  3. Praktis : tidak mempelajari teori-teori yang membingungkan peserta
  4. Memiliki standar kelulusan : setiap lulusan mempunyai kemampuan menerjemahkan Al-Qur`an yang dapat diuji dan dapat dibuktikan.
Sistem belajar

  1. Penyampaiaan teori  (materi)
  2. Lahihan praktek teori
  3. Diskusi
  4. Simulasi
  5. Pembinaan dan konsultasi
Syarat belajar metode Al-Mufid

  1. Peserta sudah bisa membaca Al-Qur`an dengan lancar
  2. Peserta awm sekali terhadap bahasa arab
  3. Memiliki kemauan yang kuat untuk bisa menerjemahkan Al-Qur`an

KERANGKA UMUM MENERJEMAHKAN AL-QUR`AN

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang kepadanyalah segala makhluk bertumpu, shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad saw karena beliaulah Al-Qur`an sampai kepada kita.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerjemahkan Al-Qur`an, paling tidak kita harus melampaui beberapa langkah berikut, yaitu:
1. Menguasai komponen huruf.
Komponen huruf ini sangat berperan aktif dalam menerjemahkan Al-Qur`an bahkan hampir  70% selalu diulang-ulang. Huruf –huruf ini mempunyai karakter baku, artinya tidak berubah-rubah tetapi mempunyai makna yang luas. Huruf ini cukup dihafal dengan cara praktek mengulang-ulangnya.

2. Menguasai komponen kata benda yang disebut isim
Komponen kata benda ini mempunyai dua ciri khas antara lain:
a.     Komponen kata benda yang kaku tidak berubah dan mempunyai makna spesifik.
b.    Kata benda yang berubah mengikuti pola tasyrif. Untuk mengetahui kata benda pola tasyrif ini amatlah mudah dikarenakan adanya pola wazan (timbangan) yang sudah disusun secara sistematis.  Namun dengan metode al-mufid ini tidak usah dihafal tetapi difahami ciri-cirinya saja lalu dipraktekan.

3. Menguasai komponen kata kerja
Komponen kata kerja ini menjadi pembahasan paling utama dalam menerjemahkan Al-Qur`an. Kata kerja mempunyai dua pola wazan yang mesti dikuasai.
a.     Kata kerja yang mengikuti pola tasyrif, kata kerja ini mudah diketahui karena sudah sudah tersusun secara sistematis.
b.    Kata kerja yang mengikuti pola isim dhomir. Kata kerja ini hanyalah melihat ciri-cirinya saja, yaitu terdapat pada akhiran. Namun dengan metode al-Mufid ini tidak usah dihafal, difahami ciri-cirinya saja lalu dipraktekan.

IKUTI TRAININGNYA...!!! 
Info hub : 0852 2003 1248 (Moch Sya'ban Abdul Rozak, S.Pd.)



*Abu Mufidah adalah Master Trainer dan penemu Metode Al-Mufid, beliaupun adalah salah satu lulusan ITB, juga penulis buku-buku motivasi, dan praktisi Thibbun Nabawi. 

3 komentar:

Anthera14 mengatakan...

Alangkah bijaknya jika diberi (ditampilkan) sedikit contoh dari sekian banyak ilmunya sehingga sy dan pembaca lainnya dpt memahami uraian yg Anda maksudkan... jgn hanya info dan teori saja yg berupa ajakan yg pd akhirnya berharap ada pendaftaran kemudian pd akhirnya didapatkan sejumlah uang..... bukan pahala

Anthera14 mengatakan...

Alangkah bijaknya jika diberi (ditampilkan) sedikit contoh dari sekian banyak ilmunya sehingga sy dan pembaca lainnya dpt memahami uraian yg Anda maksudkan... jgn hanya info dan teori saja yg berupa ajakan yg pd akhirnya berharap ada pendaftaran kemudian pd akhirnya didapatkan sejumlah uang..... bukan pahala

HIPNOTERAPI BANJARMASIN mengatakan...

terima kasih infonya...apakah ada rencana mngembangkan ke kalimanan?

Posting Komentar

 

KABAR TERKINI

KATA MUTIARA

GALLERY